Meninggal Dunia, Gordon Bell, Perancang Minikomputer Legendaris

GTA777 Kabar duka menyelimuti dunia industri teknologi. Salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi, Chester Gordon Bell, telah berpulang pada tanggal 17 Mei 2024. Gordon Bell meninggal di Coronado, California, Amerika Serikat, pada usia 89 tahun karena pneumonia. Pneumonia adalah penyakit peradangan paru-paru yang membuat penderitanya kesulitan bernapas.

Bell memainkan peran yang sangat penting dalam perancangan beberapa minikomputer pertama di dunia, khususnya pada tahun 1960. Kontribusinya ini membuatnya dijuluki sebagai “Bapak Minikomputer”.

Minikomputer adalah komputer yang berukuran kecil namun mampu menjalankan berbagai fungsi. Komputer mini ini lebih terjangkau daripada komputer besar (mainframe) yang biasanya digunakan oleh perusahaan, dan juga komputer berukuran sedang buatan perusahaan IBM.

Minikomputer mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1960 dan 1970, namun popularitasnya menurun pada tahun 1980 dan 1990 karena munculnya komputer personal (personal computer/PC) yang memiliki performa yang kuat, serta workstation.

Bell lahir pada tahun 1934 di Kirksville, Missouri, AS. Saat masih kecil, ia sering sakit, namun setelah sembuh, Bell menghabiskan banyak waktunya untuk mempelajari perbaikan elektronik. Pada usia 12 tahun, Bell sudah menjadi seorang teknisi listrik yang mampu memasang mesin pencuci piring dan merakit ulang perangkat mekanis. Pada pertengahan tahun 1950-an, ia meraih gelar dalam bidang teknik elektro dari Universitas Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Pada tahun 1960, Bell direkrut oleh pendiri perusahaan teknologi Digital Equipment Corporation (DEC), Ken Olsen dan Harlan Anderson, untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Sebagai insinyur komputer kedua yang direkrut oleh DEC, Bell terlibat dalam perancangan berbagai komponen untuk komputer pertama buatan DEC, PDP-1. Komponen-komponen ini termasuk pengontrol pita, pengontrol drum, dan subrutin titik mengambang (floating point).

Selanjutnya, Bell merancang beberapa komputer DEC yang berpengaruh, seperti PDP-4 dan PDP-6. Ia juga menciptakan Universal Asynchronous Receiver-Transmitter (UART) pertama di dunia, sebuah chip yang memungkinkan perangkat untuk menerima dan mengirimkan data.

Pada tahun 1965, Bell merancang komputer mini PDP-8 yang sukses dengan penjualan mencapai 50.000 unit. Kesuksesan ini dicapai karena pada saat itu komputer umumnya terlalu mahal dan besar. PDP-8 juga digunakan dalam jaringan ARPANet (Advanced Research Projects Agency Network) pada masa-masa awal internet.

Pada tahun 1970, Bell memainkan peran kunci sebagai manajer teknik untuk pembuatan komputer mini VAX, suksesor dari PDP-11, yang merupakan salah satu komputer mini paling laris dengan penjualan mencapai 600.000 unit. Deretan kontribusi ini membuat Bell dijuluki oleh beberapa orang sebagai “Frank Lloyd Wright di dunia komputer”, mengacu pada arsitek terkenal Amerika Serikat yang dijuluki sebagai arsitek paling hebat karena pengembangan arsitektur bergaya organik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top